Cara Membatas Jumlah Tag Pada Widget Tag Cloud Di WordPress

Cara Membatas Jumlah Tag Pada Widget Tag Cloud Di WordPress – Cara membatas jumlah tag pada widget tag cloud di wordpress akan memerlukan suatu tips tersendiri didalam melakukannya.

Internal link dalam sebuah blog memang sangat diperlukan karena hal ini bisa membantu blog robot search engine dapat menelusuri setiap halaman blog kita.

Ada dua cara membuat internal link yaitu, yang pertama manual dan yang kedua otomatis.

Yang dimaksud dengan otomatis adalah adalah dengan mengandalkan widget seperti

  • “Recent posts”,
  • “Popular posts”,
  • “Archive”,
  • Dan istilah

Widget “Archive” adalah salah satu alat seo on page yang handal. Arsip sangat memegang peranan penting selama archive tersebut tidak mengurangi nilai seo on page lainnya seperti misalnya duplikat title.

Baca Juga : Pengertian Dan Cara Mengelolah Personal Branding

Jika pada blogspot tajuk utamanya adalah widget “Archive”, maka pada WordPress yang bisa menjadi tajuk utama adalah widget “Tags”.

Blogspot tidak memiliki tags karena dia menggunakan label yang secara default tidak diindex karena permalinknya mengandung kata “search”.

Inilah salah satu kelebihan WordPress jika dibandingkan dengan blogspot. Selain tags, ada juga “Category” dan “Archive” yang dapat menjadi tajuk utama pada sebuah tulisan.

Kembali ke pokok bahasan, topik utama adalah mengenai widget “Tags”. Tags ini sangat penting, setidaknya karena akan sering masuk radar robot google sehingga ada beberapa halaman tag yang terindex dengan baik di SERP google.

Pada dasarnya tags adalah kata kunci yang akan saling berkaitan dengan artikel yang akan dibaca oleh para pembaca blog. Dengan pertimbangan ini sebaiknya tag di isi dengan kata kunci yang relevan dan tidak berlebihan.

Hal ini akan menjadikan tags sebagai salah satu bentuk kelebihan yang dapat ditonjolkan oleh wordpress.

Selain dapat digunakan untuk membuat internal linking, dengan adanya tags maka secara tidak langsung dapat juga digunakan untuk menambah keyword density atau  menambah kepadatan kata kunci pada artikel yang sedang dibuat.

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu tentang jumlah tags yang ditampilkan pada widget tags itu sendiri.

Contohnya apabila blog memiliki jumlah artikel sebanyak 100 artikel dan masing-masing memiliki 3 tags maka akan ada 300 tags, atau katakanlah paling tidak 200 tags secara keseluruhan.

Pada saat tags tersebut coba ditampilkan pada widget dapat terlihat bahwa hasilnya akan terlihat kurang rapih sehingga menjadi kurang enak untuk dipandang. Jumlahnya yang terlalu banyak akan menyebabkan blog menjadi terlihat terlalu panjang.

Cara Membatas Jumlah Tag Pada Widget Tag Cloud Di WordPress

Garis besarnya kode yang akan dibuat ini nantinya akan ditaruh pada file functions.php.

Berikut adalah ini kode sebagai cara membatas jumlah tag pada widget tag cloud di wordpress yang ditampilkan:

//Register tag cloud filter callback
add_filter(‘widget_tag_cloud_args’, ‘tag_widget_limit’);

//Limit number of tags inside widget
function tag_widget_limit($args){

//Check if taxonomy option inside widget is set to tags
if(isset($args[‘taxonomy’]) && $args[‘taxonomy’] == ‘post_tag’){
$args[‘number’] = 10; //jumlah tags yang ingin ditampilkan
}

return $args;
}

Dengan menggunakan kode tersebut, maka hanya tags yang memiliki artikel paling banyak yang akan ditampilkan pada wordpres.

Jika dilihat berdasarkan kode diatas, maka widget tag cloud sobat hanya menampilkan 10 tags yang sering digunakan dalam artikel-artikel yang ditulis.

Tips dan trik tersebut akan sangat cocok untuk “blog niche”, karena akan semakin mempertajam bahasan yang paling sering dibahas di blognya.

Selamat mencoba, dan semoga dapat bermanfaat bagi para penulis blog yang baru ingin memulai membuat suatu penulisan yang dapat menginspirasi anda semua….!

Baca Juga : UNTUK PENGIKLAN-CARA MENDAPATKAN CPC RENDAH DI GOOGLE ADWORDS

The following two tabs change content below.
Mas Joko
Merupakan Admin Zoteromedia.com yang memberikan yang terbaik untuk publisher dan advertiser untuk mencapai tujuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog Zoteromedia.com © 2017 Frontier Theme