Faktor Yang Mempengaruhi Orang Gagal Dalam Bisnis Online

Faktor Yang Mempengaruhi Orang Gagal Dalam Bisnis Online – Indonesia telah memasuki era digital, dimana segala sesuatu yang manusia lakukan akan berhubungan dengan teknologi terkini, seperti internet dan gadget dengan berbagai fungsi dan kegunaan.

Tentu, manusia merasa diuntungkan dengan era terbarukan seperti saat ini karena semua dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan teknologi.

Kegiatan mencari informasi, pengetahuan, komunikasi hingga membeli suatu barang dapat dilakukan melalui smartphone yang tergenggam di tangan dengan media jaringan internet.

Anda tentu tidak asing dengan istilah ‘bisnis online’ yang sedang ramai di tengah masyarakat.

Kita tidak perlu lagi membuat sebuah kios atau tempat berjualan khusus untuk menawarkan barang atau jasa yang kita miliki kepada calon konsumen; hanya dengan aplikasi jual beli, koneksi internet dan deskripsi barang yang lengkap dan jelas, maka kita dapat menarik perhatian para calon konsumen dengan usaha yang kita miliki.

Dengan kemudahan dan kelebihan yang dimiliki bidang satu ini, kini masyarakat berbondong-bondong menjajal peruntungan dengan mendirikan usaha bisnis online dengan menawarkan berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan para calon konsumen.

Tidak sedikit yang meraih sukses dalam bidang bisnis online ini dan tak sedikit pula yang merugi dalam bidang ini.

Karena tingginya tingkat persaingan, pelaku bisnis online harus memutar otak dan memanfaatkan tiap momen yang ada untuk mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, tingkat kepercayaan konsumen serta reputasi yang bagus sangat membantu para pelaku bisnis online untuk bertahan dari gempuran persaingan ketat ini.

Maka dari itu, sangat penting untuk ‘memanjakan’ konsumen dan membangun reputasi yang baik demi keberlangsungan bisnis.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab gagalnya bisnis online, antara lain:

Kesalahan Perencaan Awal Bisnis

Sebelum terjun sepenuhnya dalam suatu bisnis, seorang pelaku bisnis hendaknya memiliki rancangan bisnis atau business plan yang matang agar dapat mempertahankan bisnis yang mereka miliki di tengah persaingan yang ketat.

Setiap langkah dan keputusan yang diambil tentu akan berdampak pada keberlangsungan bisnis yang dimiliki.

Beberapa pelaku bisnis yang merugi disebabkan oleh perencanaan bisnis yang kurang tepat atau kurang matang.

Perencanaan ini mencakup aliran modal, kegiatan promosi, peningkatan kualitas pelayanan dan produk yang ditawarkan serta peningkatan kenyamanan pelanggan.

Rancangan bisnis yang matang dan tepat serta praktek yang sesuai tentu akan menguntungkan pelaku bisnis dengan berbagai keuntungan yang akan datang nantinya.

Sebelum menjalankan bisnis online, hendaknya Anda membuat rancangan bisnis yang terperinci dan matang agar tidak menemui kendala yang berarti di kemudian hari dan tak lupa konsistensi dalam menjalankan bisnis tersebut sesuai dengan rancangan awal.

Baca Juga : Langkah yang Harus Dilakukan Bila Ingin Memenangkan Persaingan Bisnis

Kesalahan Perhitungan Pangsa Pasar

Adanya kesalahan ketika melakukan riset pasar atau pangsa pasar dapat berdampak besar dalam kegiatan bisnis online yang kita miliki.

Sebagai calon pelaku bisnis, kita harus mengerti apa yang sedang digemari masyarakat dan kebutuhan terbesar masyarakat untuk mencari celah bagi bisnis yang akan kita rintis nantinya.

Sifat bisnis online yang mudah berubah dan dinamis menuntut pelaku bisnis untuk dapat kreatif dan menentukan pangsa pasar dengan tepat untuk mendapat keuntungan.

Untuk dapat mengetahui pangsa pasar, kita dapat melakukan polling melalui jejaring sosial seperti Instagram maupun Twitter atau dapat juga memperhatikan berbagai jejaring sosial yang ada untuk mengetahui pangsa pasar yang tepat.

Baca Juga : Cara Memilih Bisnis MLM

Mudah Merasa Puas

Ini adalah faktor terbesar dalam menyebabkan kegagalan. Sudah sifat dasar manusia untuk merasa cepat puas dalam melakukan sesuatu setelah mendapatkan hasil.

Meskipun Anda telah mendapat hasil yang diinginkan, jangan cepat merasa puas karena dapat menghambat kinerja Anda dalam melakukan bisnis.

Tetaplah merasa ‘lapar’ untuk melakukan perubahan lebih baik dalam berbisnis untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

Terus melakukan inovasi dalam berbisnis dapat menjadi alternatif dari perasaan puas yang Anda miliki karena segala sesuatu dapat terjadi dalam berbisnis.

Cepat Menyerah

Pasang surut dalam berbisnis tentu akan dirasakan oleh tiap pelaku bisnis, baik bisnis online ataupun konvensional.

Minat pasar yang mudah berubah serta finansial negara yang mempengaruhi tingkat daya beli masyarakat tentu berpengaruh pada bisnis online yang kita miliki.

Hendaknya kita tidak merasa mudah menyerah dengan setiap masalah dan selalu mencoba mencari jalan keluar yang terbaik dari tiap masalah yang ada. Hal itu akan menjadi pembelajaran dan batu loncatan bagi kita sebagai pelaku bisnis.

Baca Juga : Tips dan Strategi Dalam Mengembangkan Bisnis dalam waktu yang singkat

The following two tabs change content below.
Mas Joko
Merupakan Admin Zoteromedia.com yang memberikan yang terbaik untuk publisher dan advertiser untuk mencapai tujuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog Zoteromedia.com © 2017 Frontier Theme